Bisnis Sarden Kaleng

Bisnis sarden kaleng merupakan salah satu jenis bisnis yang memiliki prospek cerah. Betapa tidak, sarden hingga saat ini masih memiliki peminat yang cenderung semakin meningkat. Ikan sarden terutama yang dikemas dalam kaleng dan siap saji merupakan salah satu jenis lauk yang sangat difavoritkan oleh masyarakat.
Rasanya yang lezat, praktis pengolahannya, dan mudah dikombinasikan dengan beragam bahan makanan lain membuat banyak masyarakat yang menjatuhkan pilihan mereka pada sarden kaleng. Selain itu, harga yang dibanderolkan pada sarden kaleng juga bersahabat dengan kantong. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya pun sangat lengkap dan melimpah. Beberapa asalan itulah yang menjadi landasan positi dalam membangun bisnis sarden kaleng.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis sarden kaleng
Indonesia merupakan negara maritim dengan perairan yang sangat luas. Kondisi ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang mampu menghasilkan ikan dengan kuantitas yang cukup besar. Mudahnya perolehan ikan terutama ikan sarden yang merupakan ikan ukuran kecil dengan 12 jenis spesies serupa tentu menjadi modal yang yang bagus dalam membuka bisnis sarden kaleng siap saji. Apalagi sejauh ini ikan merupakan salah satu jenis lauk yang memiliki peminat cukup tinggi.
Bukan hanya karena rasanya saja yang lezat, namun kandungan nutrisi di dalamnya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tingkat permintaan sarden kaleng semakin meningkat setiap waktunya. Bahkan konsumen sarden kaleng tak hanya berasal dari pribumi melainkan dari luar negeri.
Dengan begitu, luasan bisnis sarden kaleng tak hanya sebatas dalam negeri namun mencapai pasar internasional. Beberapa langkah dan hal yang wajib diperhaikan saat hendak membuka bisnis sarden kaleng antara lain.
  • Bekerjasama dengan pembudidaya ikan sarden
Budidaya ikan sarden saat ini sudah banyak dikerjakan oleh berbagai pihak. Selain mudah perawatan dan pengolahannya, prospek ke depan ikan sarden yang tidak pernah mati membuat bisnis ini sangat menguntungkan. saat ini memang sudah banyak nelayan atau pihak lain yang membudidayakan ikan sarden dalam jumlah besar.
Keberhasilan para pembudidaya tentu juga diimbangi dengan kerja keras mereka dalam membangu kepercayaan pelanggan dan pola pikir untuk semakin mengembangkan bisnis. Untuk itu, sebagai pebisnis ikan sarden kaleng yang sedang menitih langkah awal, pilihlah pembudidaya yang memang sudah benar-benar professional dan terpercaya. Pastikan ikan sarden yang Anda peroleh benar-benar berkualitas dan sesuai dengan standar.
Carilah informasi detail mengenai pembudidaya tersebut dengan mengorek informasi pelanggan sebelumnya atau mencari treck record supaya lebih meyakinkan. Supaya bisnis sarden kaleng siap makan dapat berjalan lebih lancar, pastikan Anda memiliki lebih dari satu pembudidaya yang memasokkan ikan sarden.
Memiliki hanya satu pemasok ikan sarden akan sangat riskan apabila terjadi masalah dengan pembudidaya tersebut, maka pasokan ikan sarden akan terhambat. Berbeda jika memiliki lebih dari satu pemasok, masalah tersebut dapat terselesaikan. Ketahui dan tentukan sendiri jenis ikan sarden yang sesuai dengan harga yang sesuai pula. Jika bisa, carilah pembudidaya yang bisa memberikan ikan berkualitas dengan harga yang bersaing.
  • Menentukan target pasar
Dalam membangun sebuah bisnis sarden kaleng murah, yang tak kalah penting untuk direncanakan secara matang selain pembudidaya ikan sarden adalah target pasar. Tentukan terlebih dahulu target konsumen yang hendak dituju. Untuk mengetahui target konsumen yang tepat, lakukan dahulu Analisa pasar. Sarden kaleng memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan masyarakat. Mulailah dari pasar local terlebih dahulu kemudian setelah berhasil dikembangkan dengan baik barulah beranjak ke pasar internasional.
  • Menyiapkan peralatan bisnis sarden kaleng
Langkah yang sangat penting ketika hendak membangun bisnis khususnya bisnis sarden kaleng adalah menyiapkan modal. Salah satu persiapan modal yang harus dilakukan adalah mempersiapkan peralatan bisnis yang akan digunakan dalam menjalankan bisnis sarden. Ketahui dan pelajari dengan seksama alat-alat apa saja yang dibutuhkan. Dimulai dari peralatan persiapan, pembersihan hingga pengolahan. Lengakpi terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan supaya produk yang dihasilkan juga tak mengecewakan konsumen. Jangan lupa pula untuk mengurus perijinan dan kelayakannya. Apabila sudah mengantongi ijin dari pihak yang berwenang, perjalanan bisnis pun akan lancar.
  • Merekrut karyawan bisnis sarden kaleng
Setelah masalah perijinan sudah selesai dan telah memiliki peralatan lengkap, saatnya merekrut karyawan. Jangan terlalu banyak merekrut karyawan pada permulaan bisnis,. Sebaiknya rekrutlah karyawan sedikit dahulu pada alat atau pekerjaan inti. Barulah ketika bisnis sudah berjalan, tambah karyawan sedikit demi sedikit.
Dalam proses perekrutan karyawan, akan lebih baik jika memperoleh karyaan yang memang cekatan dan telah memiliki pengalaman di bidang yang sama sebelumnya. Hal ini tentu dapat mendukung proses produksi sarden kaleng dengan lebih optimal. Namun tak menutup kemungkinan untuk memberikan pengarahan dan pelatihan bagi tenaga kerja yang belum berpengalaman namun memiliki kemampuan dan kecakapan.
  • Teknik pemasaran yang tepat
Memiliki pemasok tepat, peralatan lengkap dan tenaga kerja mumpuni saja tak cukup tanpa Teknik pemasaran yang tepat dalam menjalankan bisnis sarden kaleng. Untuk permulaan, tak ada salahnya untuk mempromosikan produk sarden kaleng Anda door to door. Dari rumah ke rumah area komplek perumahan, toko kelontong, pasar sampai swalayan pun merupakan lokasi yang tepat untuk memasarkan produk Anda.
  • Menentukan harga jual sarden kaleng
Tentukan harga jual sarden yang tepat. Lakukan perhitungan antara modal barang dan tenaga yang diakumulasikan dengan keuntungan sehingga memperoleh harga jual sarden yang tepat.
  • Menganalisa keuntungan yang diperoleh
Pemasaran sarden kaleng tergolong mudah karena peminatnya tinggi. Walaupun demikian, tetap perlu dilakukan Analisa keuntungan yang diperoleh supaya peningkatan dan pencapaian omset bisnis dapat dilihat dengan jelas. Prospek usaha Anda pun dapat terpantau dengan mudah.
Setiap bisnis pasti memiliki kelebihan dan resiko masing-masing. Termasuk dalam menjalankan bisnis sarden kaleng, pasti terdapat beberapa hal yang memang harus diperhatikan dengan seksama supaya tak menimbulkan masalah serius dalam perjalanan bisnis tersebut. Yang terpenting dalam menjalankan bisnis khususnya bisnis sarden adalah Analisa yang tepat dan ide-ide inovatif.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.