Manfaat Ikan Sarden Untuk Otak

Manfaat ikan sarden untuk otak baru sedikit diketahui. Kebanyakan masyarakat menganggap ikan sarden sehat karena kandungan proteinnya yang tinggi saja. Padahal di dalam ikan sarden masih banyak nutrisi selain protein yang terkandung dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Sebagai salah satu jenis ikan laut, ikan sarden memiliki ukuran yang cenderung kecil dan sangat mudah diperoleh. Harganya pun cenderung terjangkau jika dibandingkan dengan jenis ikan lain. Tak heran jika banyak kalangan masyarakat yang menjatuhkan pilihannya untuk mengkonsumsi ikan sarden sebagai lauk. Apabila disejajarkan dengan jenis ikan lain, sarden dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang lebih kaya manfaat.
Kandungan dan manfaat ikan sarden untuk otak dan tubuh keseluruhan
Masyarakat dapat memperoleh ikan sarden segar maupun ikan sarden kaleng yang sudah terbumbui. Saat ini, kebanyakan masyarakat lebih memiliki ikan sarden kaleng yang sudah siap saji dan tinggal menghangatkan atau mengkombinasikannya dengan bahan makanan lain.
Tak hanya lebih lezat dan praktis untuk dinikmati, sarden kaleng juga tetap kaya nutrisi yang sangat baik bagi tubuh dan otak. untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah daftar manfaat ikan sarden untuk otak dan tubuh yang dapat dilihat dari kandungannya:
  • Efektif menetralisir tekanan darah
Di dalam ikan sarden, banyak terkandung beragam zat mineral antara lain zat besu, fosfor, kalsium serta potassium. Kandungan ini sangat efektif dalam menurunkan dan menetralisir tekanan darah. Mengkonsumsi sarden dengan pengolahan tepat artinya tidak mengandung banyak minyak mampu menjauhkan konsumennya dari penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sudah banyak diketahui, tekanan darah yang terlalu tinggi dapat memicu berbagai penyakit seperti jantung hinga stroke.
  • Menyehatkan tulang
Ikan sarden juga memiliki kandungan vitamin D yang melimpah selain kalsium dan fosfor. Kombinasi beberapa nutrisi ini mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang. Bahkan sarden dapat dikonsumsi sejak dini oleh anak-anak dan dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang tulang dan otot mereka.
Konsumsi sarden secara rutin juga dapat mencegah atau menjauhkan seseorang dari resiko terkena osteoporosis di hari tua. Memang kebanyakan orang Nampak sehat dan semua terlihat normal ketika muda, namun kekurangan asupan vitamin D dan kalsium akan ketahuan dampaknya ketika sudah menginjak usia tua. Akan muncul banyak masalah tulang termasuk osteoporosis.
  • Menutrisi dan menyehatkan otak
Manfaat ikan sarden untuk otak juga sangat besar. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan asam lemak esensial omega 3 yang terdapat di dalam ikan sarden. Selain omega 3, di dalam sarden juga terdapat DHA yang tak kalah berperan dari omega 3. Kombinasi asam lemak esensial omega 3 dan DHA sangat efektif dalam menutrisi otak dan meningkatkan kinerja otak. Kedua nutrisi ini mampu menghalau penurunan fungsi otak dan juga menjaga kesehatan mata.
Mengkonsumsi sarden dengan teknik pengolahan tepat mampu meningkatkan kecerdasan, daya ingat dan daya pikir seseorang serta mampu memaksimalkan tumbuh kembang otak. maka dari itu, tak heran jika sarden juga sangat baik dikonsumsi oleh balita untuk mendukung dan mengoptimalkan tumbuh kembang otaknya.
  • Memberikan asupan protein yang tinggi
Karena masuk ke dalam golongan ikan air asin, sudah semestinya jika ikan sarden benyak mengandung protein. Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Asupan protein mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun. Bahkan kandungan protein juga mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Atas sederet alasan tersebut, wajar jika sarden merupakan salah satu jenis lauk idola ibu yang dipersiapkan untuk keluarga tercinta. Sarden sudah masuk ke dalam salah satu lauk favorit keluarga masyarakat Indonesia.
  • Mencegah kanker usus besar
Salah sau penyakit yang sangat ditakuti oleh masyarakat dunia adalah kanker. Selain manfaat ikan sarden untuk otak anak yang sangat baik, sarden juga sangat optimal dalam melakukan pencegahan terhadap kanker. Terlebih untuk kanker usus besar yang dapat secara optimal dicegah dengan mengkonsumsi ikan sarden. Kemampuan sarden dalam menghalau kanker usus besar karena kandungan vitamin D serta kalsiumnya yang sangat tinggi.
Kombinasi kedua nutrisi ini mampu menekan pertumbuhan sel kanker pada usus besar. Terlebih kandungan antioksidan dalam ikan sarden. Kandungan antioksidan dalam sarden sangat efektif dalam menghadang radikal bebas hingga pertumbuhan sel kanker secara keseluhan. Sistem imun yang baik disertai asupan antioksidan yang tinggi akan mencegah kanker dan penuaan dini. 
  • Menyehatkan jantung
Walaupun dinobatkan sebagai lauk yang kaya protein dan nutrisi lain, namun ikan sarden berbeda dengan jenis ikan atau lauk lainnya. Perbedaan ini terletak pada rendahnya kalori yang terkandung di dalam sarden. Tingkat kalori yang rendah ini membuat sarden sangat aman dikonsumsi dan memaksimalkan kesehatan jantung. Kandungan vitamin B12 dan vitamin D dalam sarden mampu meningkatkan kesehatan kardiovaskular yang secara otomatis dapat menyehatkan jantung.
Terlebih sarden juga mampu menghasilkan kolesterol baik yang mampu meminimalisir kadar kandungan kolesterol buruk yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Kolesterol baik justru akan mampu menjaga peredaran darah selalu normal. Kandungan asam lemak esensial omega 3 dalam ikan sarden juga sangat optimal dalam menghalau berbagai penyakit yang menyerang jantung. Itulah sebabnya, ikan sarden segar maupun kalengan sangat recommended untuk dikonsumsi.
Dari penjelasan di atasm dapat diketahui bawah manfaat ikan sarden untuk otak dan untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan benar adanya. Mengkonsumsi ikan terutama ikan sarden sebagai lauk memang pilihan tepat untuk menjaga kesehatan keseluruhan tubuh. Sejalan dengan pemerintah yang mencanangkan peningkatan konsumsi ikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai langkah peningkatan kualitas sumber daya manusia.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.