Kandungan ikan tuna kaleng dan manfaatnya yang belum banyak diketahui

Kandungan ikan tuna kaleng sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Sebagai salah satu jenis lauk, ikan tuna tergolong dalam ikan air laut dengan kandungan nutrisi yang melimpah. Bahkan masyarakat Jepang kerap menjadikan ikan tuna sebagai kudapan yang dikombinasikan dengan sushi. Karena kiprahnya yang medunia, ikan tuna tak hanya disajikan dalam kondisi segar saja namun juga dikemas dalam kaleng.
Ikan tuna segar maupun kalengan sangat bergizi dan bertekstur lembut serta memiliki rasa dengan ciri khas tersendiri. Peminat ikan tuna segar maupun kalengan pun semakin banyak. Kini ikan tuna kaleng tidak hanya dikonsumsi oleh orang-orang dewasa saja. Ikan ini juga banyak dikonsumsi oleh balita dan anak-anak.
Kandungan ikan tuna kaleng dan manfaatnya yang belum banyak diketahui
Mengonsumsi ikan tuna segar maupun ikan tuna kaleng berdampak sangat baik bagi kesehatan. Hal ini tidak terlepas dari ragam kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat di dalam ikan tuna. Gizi dan nutrisi yang dimiliki ikan tuna tersebut dapat dicerna secara maksimal oleh tubuh anak-anak hingga orang dewasa. Daripada penasaran, berikut ini adalah daftar kandungan dan manfaat ikan tuna yang sangat perlu diketahui.
  • Selenium dan antioksidan
Sistem imun atau kekebalan tubuh sangat perlu dijaga dan ditingkatkan. Sistem kekebalan tubuh yang baik akan membuat tubuh tak mudah terserang berbagai virus dan penyakit. Konsumei ikan tuna mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi tersebut adalah selenium dan akntioksidan. Kedua zat ini mampu secara efektif melawan petumbuhan kuman dan bakteri penyebab penyakit dan infeksi. Perlu diketahui, sistem imun merupakan bagian integral dan tameng tubuh dalam melawan munculnya berbagai penyakit.
  • Antioksidan tinggi
Manfaat selanjutnya yang dapat diperoleh dari ikan tuna adalah mampu mencegah kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang ditakuti oleh banyak orang. Kandungan beragam nutrisi ikan tuna terutama antioksidan yang tinggi, membuatnya sangat baik digunakan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Saat ini kanker merupakan penyakit yang menjadi momok tersendiri bagi masyarakat. Konsumsi ikan tuna seca rutin dan pengolahan yang tepat mampu mencegah berbagai kanker seperti kanker payudara, kanker darah hingga kanker pada ginjal.
  • DHA
Tekanan darah merupakan salah satu komponen kesehatan yang sangat berpengaruh terhadap kinerja organ tubuh secara keseluruhan. Tekanan darah tinggi dapat memberikan pengaruh negative terhadap kesehatan jantung dan berbagai organ tubuh lainnya. Selain mengganggu sistem kerja jantung, tekanan darah yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menjadi salah satu penyebab seseorang terkena stroke. Ikan tuna merupakan solusi yang sangat tepat untuk menetralisir tekanan darah. Ikan tuna memiliki kandungan DHA dan asam lemak yang tinggi dan sangat efektif untuk mencegah tekanan darah yang terlalu tinggi atau rendah sehingga selalu normal.
  • Omega 3
Kandungan ikan tuna kaleng yakni omega 3 juga dapat mencegah serta menatasi obesitas atau kegemukan. Obesitas saat ini sangat mudah menjangkit karena semakin majunya jaman. Pola hidup dan pola makan tak sehat tentu menjadi pemicu utama terjadinya obesitas atau kegemukan. Kandungan omega 3 dalam ikan tuna dapat secara maksimal merangsang pertumbuhan hormone keptin yang sangat berguna dalam melancarkan sistem metabolisme dalam tubuh. Hormone ini juga dapat berfungsi secara maksimal dalam mengontrol berat badan tubuh. Terlebih ikan tuna juga tak seperti jenis ikan lainnya yang mengandung kalori tinggi. Kalori dalam ikan tuna sangat minim sehingga tak menyebabkan penimbunan lemak dalam tubuh terjadi. Sehingga walau dikonsumsi dalam takaran banyak, ikan tuna tak akan memicu kegemukan.
  • Asam lemak
Mengkonsumsi ikan tuna juga mampu meningkatkan fungsi denyut jantung atau Heart Rate Variability (HRV). Seperti halnya penjelasan sebelumnya, manfaat ini juga disebabkan karena kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan tuna yang sangat tinggi. Asam lemak omega 3 merupakan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan jantung dan melindungi jantung dari berbagai kelainan dan penyakit.
  • Vitamin B
Selain asam lemak omega 3, ikan tuna segar maupun ikan tuna kaleng juga mengandung vitamin yang tak kalah menyehatkan. Nilai gizi ikan tuna sangat tinggi karena memang mengandung berbagai zat gizi yang efektif bekerja bagi kesehatan tubuh. Salah satu vitamin yang tersimpan di dalamnya adalah vitamin B. vitamin ini sangat efektif dalam menjaga dan memproduksi sel darah merah. Tak hanya itu, vitamin B juga sangat berperan dalam peningkatan energi serta memperlancar laju metabolisme tubuh. Vitamin B juga dapat menyehatkan kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Kalori rendah
Stroke merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti di samping serangan jantung dan kanker. Seperti yang sudah dijelaskan pada point sebelumnya, ikan tuna dapat menetralisir tekanan darah dalam tubuh. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit stroke. Selain itu, kadar kalori tinggi juga dapat memicu seseorang terkena penyakit stroke. Ikan tuna tak mengandung kalori tinggi sehingga dapat secara efektif mencegah penyakit stroke.
  • Protein
Seperti halnya ikan lainnya, kandungan ikan tuna kaleng juga sangat kaya akan nutrisi terutama protein. Protein tak hanya terdapat di dalam telur ataupun daging saja. Ikan tuna juga merupakan sumber protein yang menyehatkan bagi tubuh. Perlu diteketahui, bahwa protein mampu memberi pengaruh positif terhadap kesehatan darah, memperkuat otot, menyehatkan rambut, kulit serta kuku.
Demikianlah penjelasan lengkap mengenai kandungan ikan tuna kaleng dan manfaatnya untuk kesehatan. Selain mudah diperoleh dan sangat menyehatkan, ikan tuna juga dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan yang menggugah selera. Tekstur lembutnya bahkan dapat mempermudah anak-anak dalam mengkonsumsi serta mencernanya. Semoga informasi di atas bermanfaat!


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.